Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Lima Adab Membaca Al-Qur'an

Lima Adab Membaca Al-Qur'an 


Lima Adab Membaca Al-Qur'an

Sebagaimana kita ketahui bersama, Al quran yang diturunkaan pada bulan Ramadlan sebagai petunjuk manusia.

Dua hari Ramadan akan tiba. Sayangnya, Ramadan ini Covid-19 masih mewabah. Akibatnya, pemerintah masih melarang untuk beribadah di masjid.

Namun di luar itu, dengan digencarkannya work from home, kita memiliki banyak waktu untuk membaca Alquran. Salah satu amalan yang paling baik mengisi Ramadan yaitu membaca Alquran.

Imam Nawawi, dalam kitabnya al-Tibyan fî Adab Hamalah al-Quran, menyebutkan keragaman tradisi mengkhatamkan Alquran para sahabat dan ulama salaf. Di antara mereka ada yang mengkhatamkan Alquran dalam waktu persatu malam sekali, seperti sahabat Usman, dan Imam Syafi’i. Ada juga yang mengkhatamkan dalam waktu tiga hari, seminggu, sebulan, dan dua bulan sekali.

Namun masing-masing dari kita memiliki cara sendiri untuk mengkhatamkan Alquran.

Melansir dari Gelora media news .com dengan sedimit perubahan, setidaknya ada 5 cara mengkhatamkan Al quran yaitu :


1. Selaraskan target dengan kemampuanmu
Untuk bisa membaca Alquran tentu kamu harus memahami dulu ilmu tajwid dan bagaimana bacaan-bacaannya. Jangan cuma asal baca saja yang penting khatam, kamu haru benar-benar memahaminya.

Untuk membaca Alquran pun harus diseimbangkan dengan kemampuanmu. Jika kemampuan membacamu tergolong standar kamu bisa membaca Alquran 2 lembar dalam 5-7 menit saja. Tapi, kalau semisal bacaanmu masih terbata-bata, mungkin kamu masih membutuhkan waktu yang lama. Jika merasa kemampuan membacamu belum sempurna, maka tak perlu memasang target untuk mengkhatamnya. Terpenting adalah bacalah Alquran dengan benar dan perhatikanlah tajwidnya.


2. Alquran itu memiliki 600 halaman, maka bacalah 2 lembar setiap usai sholat
600 halaman : 30 hari = 20 halaman/hari

20 halaman : 5 (waktu sholat fardhu) = 4 halaman (2 lembar)

Nah 2 lembar itu kamu hanya perlu membaca 5-7 menit saja lho.

Satu juz Alquran versi Madinah Rasm Utsmany terdiri dari 20 halaman yang artinya keseluruhan berjumlah 600 halaman karena dalam Alquran terdapat 30 juz.

Jika bulan Ramadan berlangsung selama 30 hari, maka kamu bisa mengkhatamnya. Alhamdulillah juga sholat terdiri dari 5 waktu, 20 halaman dibagi 5 sama dengan 4 halaman atau 2 lembar. Jadi kalau bisa membaca 2 lembar usai shalat fardhu, tentunya kamu bisa khatam. Mudah ‘kan?


3. Kalau merasa sudah jago, kamu bisa juga menyelesaikan 1 juz langsung tiap hari
Kalau merasa agak kerepotan membaca Alquran tiap usai shalat karena kesibukan atau karena merasa memang sudah jago maka baca saja langsung 1 juz. Sediakan waktu sekitar 30 menit tiap harinya untuk menyelesaikan 1 juz.

Manfaatkan waktumu yang benar-benar kosong untuk menyelesaikannya.


4. Kamu yang perempuan jangan lupa perhatikan tanggal menstruasi karena bisa mengurangi jatah hari membacamu
Kalau kamu seorang wanita maka penting buat kamu mengetahui ini. kamu haru bisa menghitung berapa lama kamu menstruasi agar saat belum menstruasi, kamu bisa menabung beberapa juz. Triknya, luangkan waktu khusus menabung juz Alquran sejumlah hari yang sekiranya akan kamu tinggalkan selama menstruasi.


5. Pada awal itu biasanya penuh semangat, maka tabunglah bacaan Alquran di awal puasa
Biasanya awal-awal puasa umat muslim masih semangat-semangatnya melakukan kebaikan dan mengendur di tengah lalu kembali semangat di akhir Ramadan. Untuk bisa mengkhatam Alquran dengan baik, manfaatkanlah waktu di awal-awal puasa. Menabunglah sebanyak mungkin di hari-hari awal tersebut.

Semoga kita semua selama Bulan Ramadlan bisa mengkhatamkan Al quran sesuai dengan kemampuan masing masing bisa 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10 X khatam sehingga dimudahkan dapat berkumpul bersama keluarga di Jannah. Aamiin


Buka juga :

Post a Comment for "Lima Adab Membaca Al-Qur'an"